Keutamaan Wakaf Al Quran

Wakaf adalah salah satu sedekah jariyah yang pahalanya terus menerus selama harta yang diwakafkan itu dimanfaatkan oleh orang lain. Wakaf biasanya berbentuk barang yang bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama, seperti tanah, bangunan, gedung, masjid, jalan, sekolah, jembatan, sumur, termasuk juga wakaf dalam bentuk Al Quran.

Wakaf Al Quran sangat besar pahalanya karena dari setiap Alquran yang diwakafkan akan dimanfaatkan orang lain untuk belajar membaca Alquran, tilawah, kajian agama dan menghafal ayat-ayat Allah. Dahsyatnya semua pahala orang yang membaca, mengkaji dan menghafal Alquran tersebut juga mengalir kepada orang yang mewakafkan Al Quran.

Berikut adalah beberapa keutamaan wakaf Alquran dan yang akan didapat oleh orang-orang yang berwakaf Al Quran.

Mendapatkan Pahala Orang yang Membaca Al Quran

Orang yang membaca Alquran akan mendapat ganjaran pahala satu kebaikan dalam tiap huruf yang dibacanya, Rasulullah pernah bersabda dalam sebuah hadits shahih:

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Berapa pahala kebaikan jika ada orang yang membaca satu halaman, satu surat atau satu juz? Insyaallah banyak kebaikan yang diperolehnya.

Mendapatkan Keutamaan Orang yang Menghafal Al Quran

Banyak sekali keutamaan yang Allah berikan kepada para penghafal Al Quran, diantara keutamaan orang yang menghafalakan Al Quran adalah sebagai berikut:

Pertama, diberikan kedudukan yang tinggi di surga sesuai dengan banyaknya ayat yang dia hafal.

Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Ditawarkan kepada penghafal al-Quran, “Baca dan naiklah ke tingkat berikutnya. Baca dengan tartil sebagaimana dulu kamu mentartilkan al-Quran ketika di dunia. Karena kedudukanmu di surga setingkat dengan banyaknya ayat yang kamu hafal.” (HR. Abu Daud 1466, Turmudzi 3162)

Kedua, orang yang menghafal Alquran akan ditemani oleh para malaikat
Disebutkan dalam sebuah hadits:

“Orang yang membaca dan menghafal al-Quran, dia bersama para malaikat yang mulia. Sementara orang yang membaca al-Quran, dia berusaha menghafalnya, dan itu menjadi beban baginya, maka dia mendapat dua pahala.” (HR. Bukhari 4937)

Ketiga, di hari akhirat akan diberi mahkota dan pakaian kemuliaan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Al-Quran akan datang pada hari kiamat, lalu dia berkata, “Ya Allah, berikan dia perhiasan.” Lalu Allah berikan seorang hafidz al-Quran mahkota kemuliaan. Al-Quran meminta lagi, “Ya Allah, tambahkan untuknya.” Lalu dia diberi pakaian perhiasan kemuliaan. Kemudian dia minta lagi, “Ya Allah, ridhai dia.” Allah-pun meridhainya. Lalu dikatakan kepada hafidz quran, “Bacalah dan naiklah, akan ditambahkan untukmu pahala dari setiap ayat yang kamu baca. (HR. Turmudzi 3164 dan beliau menilai Hasan shahih).


Keempat, orang tuanya akan diberi mahkota cahaya di akhirat kelak

Dari Buraidah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Siapa yang menghafal al-Quran, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari. Dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia. Kemudian kedua orang tuanya bertanya, “Mengapa saya sampai diberi pakaian semacam ini?” Lalu disampaikan kepadanya, “Disebabkan anakmu telah mengamalkan al-Quran.” (HR. Hakim 1/756).

Dalam riwayat lain disebutkan,

Al-Quran akan datang pada hari kiamat seperti orang yang wajahnya cerah. Lalu bertanya kepada penghafalnya, “Kamu kenal saya? Sayalah membuat kamu bergadangan tidak tidur di malam hari, yang membuat kamu kehausan di siang harimu… ” kemudian diletakkan mahkota kehormatan di kepalanya, dan kedua orang tuanya diberi pakaian indah yang tidak bisa dinilai dengan dunia seisinya. Lalu orang tuanya menanyakan, “Ya Allah, dari mana kami bisa diberi pakaian seperti ini?” kemudian dijawab, “Karena anakmu belajar al-Quran.” (HR. Thabrani dalam al-Ausath 6/51).

Mendapatkan Pahala yang Mengalir terus menerus

Semua keutamaan dan pahala yang didapat oleh para pembaca, penghafal dan pengamal Alquran yang sebagian sudah disebutkan diatas juga akan mengalir kepada orang yang telah mewakafkan Alquran untuk dimanfaatkan oleh kaum muslimin.

Karena sebab dari Alquran yang kita wakafkan kemudian dimanfaatkan oleh kaum muslimin untuk ibadah, maka kita juga mendapatkan semua pahala kebaikan orang yang membaca, menghafal dan mengamalkan Alquran tersebut meskipun kita sedang sibuk bekerja, berbisnis bahkan ketika kita sedang istirahat dan tidurpun pahala akan terus mengalir karena amalan wakaf.

Semua pahala kebaikan tersebut akan terus mengalir saat kita hidup di dunia bahkan sampai kita meninggal dunia, di alam dikubur dan sampai di kehidupan akhirat yang abadi.

Rasulullah saw bersabda: “Salah satu amal kebaikan yang pahalanya terus menerus terbawa kepada si mayyit sampai ke alam kuburnya adalah sedekah dan mewariskan (mewakafkan) mushaf Al Quran.” (HR. Bukhari)

Dalam hadits yang lain, Rasulullah menjelaskan tentang 7 amalan yang terus mendatangkan pahala meskipun orang tersebut sudah meninggal dunia, salah satunya adalah mewakafkan Al Quran.

“Sesungguhnya diantara amal shalih yang mendatangkan pahala setelah orang yang mengamalkannya meninggal dunia, yaitu: ilmu yang disebarluaskan olehnya, anak shalih yang ditinggalkannya, mushaf (Al-Qur’an) yang diwariskannya, masjid yang dibangunnya, rumah yang didirikan dengan tujuan sebagai tempat bermalam (penginapan) orang yang sedang dalam perjalanan (ibnu sabil), sungai yang dialirkan guna kepentingan orang banyak, dan harta yang disedekahkannya.” (HR. Ibnu Majah)

*****

Setelah mengetahui keutamaan dan pahala bagi orang yang wakaf Alquran, tentunya kita lebih termotivasi lagi untuk beramal shaleh dan menyisihkan sebagian harta kita untuk disedekahkan di jalan Allah, dan sedekah yang utama adalah dengan wakaf karena pahalanya yang akan terus menerus kita dapatkan.

Bagi Anda yang ingin wakaf Alquran, kami bisa membantu menyediakan alquran untuk diwakafkan atau dihadiahkan kepada orang lain. Anda bisa memilih paket harga yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Dan bila Anda bingung mau disalurkan kemana, kami juga bisa menyalurkannya ke tempat-tempat seperti pesantren, sekolah, masjid atau tempat lain yang membutuhkannya.

Semoga Allah memberikan keberkahan kepada anda, selalu diberikan kesehatan, keluarga yang bahagia, rezeki yang melimpah dikarenakan kebaikan anda dalam berinfak, bersedekah dan berwakaf untuk anak-anak santri yang semangat dalam menuntut ilmu Qur’an. Insyaallah kelak mereka akan menjadi generasi qurani yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa.

Dan lagi-lagi Anda akan mendapatkan transferan pahala dari mereka semua, sebagaimana hadits berikut ini:

Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya. [HR Muslim, 3509].

Mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan (fastabiqul khairat) karena kita tak pernah tahu sampai kapan Allah memberikan kesempatan dan waktu kepada kita. Bila ajal menjemput, tak ada lagi yang bisa kita harapkan kecuali amal ibadah yang kita usahakan dan keridhoan dari Allah swt.

Komentar (0)

Posting Komentar